Home » Tempat Wisata Malam Jogja

Tempat Wisata Malam Jogja

  • by
Tempat Wisata Malam Jogja

Jogja tak akan pernah habis pesona wisatanya. Tak hanya siang, saat malam, Kota Gudeg ini justru memancarkan nuansa syahdu dan juga romantis. Terlebih di 10 tempat wisata malam Jogja yang akan menjadi pembahasan kali ini.

Penasaran apa saja tempat wisata malam di Jogja yang mampu bangkitkan suasana romantis bagi para pengunjungnya? Simak terus informasinya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Malam Hits Jogja

Tumpeng Menoreh

Restoran unik satu ini sudah pasti menjadi destinasi tempat wisata malam Jogja yang patut untuk Anda kunjungi. Desain bangunannnya mirip dengan bentuk Tumpeng, salah satu makanan khas Jogja yang terkenal enak.

Bentuk tumpengnya pun bukan tumpeng biasa melainkan berbentuk heksagonal bertumpuk. Fasad bangunannya yang unik inilah yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri, berbeda dari yang lain.

Pengunjung restoran pun dapat menikmati pemandangan alam perbukitan yang asri, hijau, dan tentunya menyejukan mata. Bahkan saat malam hari, gemerlap ornamen lampu di sini ikut menambah cantik suasana.

Di bagian atap tertingginya, terpasang beberapa lampu sorot warna-warni yang sangat apik. Bahkan dari kejauhan, Tumpeng Menoreh ini tampak bercahaya di antara gelapnya area perbukitan Menoreh.

Sang pemilik, Erix Soekamti, memang sengaja memilih lokasi di ketinggian 950 mdpl ini karena ingin mendirikan sebuah resto dengan paket pemandangan spesial.

Mulai dari suguhan view alam 360 derajat yang menampilkan view Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu hingga view bukit Menoreh.

Cukup dengan membeli tiket masuk Rp50.000,00 saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam di sekitar resto ini. Tiket sudah termasuk voucher makan sebesar Rp25.000,00.

Heha Sky View

Wisata Jogja satu ini berada di Kabupaten Bantul dan merupakan besutan dari duo pengusaha kreatif, Herry Zudianto dan Handoro Mawardi. Nama ‘HeHa’ sendiri berasal dari kosakata terdepan dari nama kedua pemilik.

Seperti namanya yang super kreatif, konsep wisata yang tempat ini juga tak kalah kreatif. Heha Sky View pada dasarnya adalah sebuah resto yang menawarkan atraksi wisata spot foto Instagramable dengan latar view perbukitan Bantul.

Saat sore menjelang malam, tempat ini kian ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan suasana malam yang romantis di sini. Akan lebih asyik lagi jika Anda datang bersama pasangan.

Sambil dinner romantis bersama pasangan, Anda bisa melihat keindahan night view Kota Jogja dari titik puncak bukit ini.

Bila ada rencana datang ke sini, perhatikan harga tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket akan berbeda sesuai dengan jam kunjungan. Berikut informasinya:

  • Senin-Jumat pukul 10.00 – 15.00 WIB, harga tiket Rp15.000,00
  • Senin-Jumat pukul 15.01 – 21.00 WIB, harga tiket Rp20.000,00
  • Sabtu-Minggu, Hari Libur pukul 08.00 – 21.00 WIB, harga tiket Rp20.000,00

Angkringan

Keberadaan Angkringan di Kota Jogja sudah menjamur dan dapat Anda jumpai di mana-mana. Bahkan Anda belum sempurna ke Jogja jika belum mencicipi kuliner yang ada di warung sederhana ini.

Mulai dari Angkringan terkenal seperti di dekat Tugu Jogja hingga Angkringan di pinggir jalan area kampung semua punya kesamaan. Tempat wisata kuliner malam Jogja ini terkenal memiliki harga yang murah dan merakyat.

Rata-rata harga Nasi Kucing per porsinya hanya Rp1.500,00 hingga Rp2.000,00. Sedang untuk gorengan, hanya Rp500,00 per buah. Hidangan yang bisa Anda coba juga sangat bervariasi, seperti Nasi Kucing lauk tempe atau teri.

Selain itu, gorengan, sate telur puyuh, sate usus, tahu-tempe bacem, dan tak ketinggalan jahe susunya adalah menu andalan di Angkringan. Menu-menu ini adalah kumpulan hidangan yang sederhana, tapi dari segi rasa, tetap juara.

Jalan Malioboro

Sepanjang malam Jalan Malioboro memang sangat tepat kita sebut sebagai tempat wisata malam Jogja 24 jam. Spot wisata ini tak pernah ‘tidur’ dan aktif bergeliat baik siang maupun malam.

Jalan Malioboro ini sangat legendaris dan merupakan bagian dari area Keraton Yogyakarta. Meski hanya berupa jalan biasa, ada banyak hal yang membuat jalan yang menembus hingga ke titik Nol KM ini terlihat istimewa.

Salah satunya adalah nuansa tradisional Jogja yang begitu kental. Kemudian ada titik-titik tertentu yang menjadi spot foto favorit wisatawan. Salah satunya adalah papan petunjuk arah bertuliskan ‘Jalan Malioboro’.

Hal menarik lainnya adalah kawasan pedestrian yang luas, bersih, dan ramah disabilitas. Di tepi area pedestrian ini terpasang bangku-bangku taman permanen sebagai fasilitas tempat duduk para pengunjung.

Kehadiran toko, mall, Pasar Tradisional Beringharjo, dan pusat oleh-oleh khas Jogja di Malioboro menambah list daya tarik di area wisata ini.

Obelix Hills

Anda menginginkan romantic dinner di atas ketinggian dengan view yang spesial? Obelix Hills bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik. Resto sekaligus spot wisata Jogja sore hari ini terletak di Klumprit, Daerah Prambanan.

Selain resto dengan dining space yang cukup mewah, ada beberapa atraksi wisata lainnya yang terdapat di sini. Di antaranya adalah spot glamping, spot foto Instagenic, dan juga panggung hiburan.

Anda juga dapat menikmati keindahan sunset dari tempat ini. Tentu pemandangan sunset di sini akan tampak lebih menarik dengan adanya bukit-bukit hijau sebagai penghias alaminya.

Obelix Hills akan siap melayani pengunjung dari Senin sampai Jumat mulai pukul 10.00 sampai pukul 22.00 WIB (weekday). Sementara selama weekend, jam operasional resto ini sedikit lebih panjang yaitu dari pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Harga tiket masuknya relatif murah. Untuk hari biasa, yaitu Senin hingga Kamis, harga tiketnya Rp15.000,00, sedang saat akhir pekan dan libur nasional, cukup membayar Rp20.000,00.

Tebing Breksi

Spot wisata bekas tambang di Sambirejo ini tampak sangat bercahaya di malam hari. Hebatnya lagi, Tebing Breksi kini masuk dalam list tempat wisata Jogja yang paling hits dan populer 2022.

Tebing kapur berwarna putih ini mulanya adalah tebing biasa. Namun kini tampak sangat artistik dengan hadirnya ukiran berbentuk ular naga. Bagian atas tebing juga menjadi sebuah taman lengkap dengan spot foto.

Untuk menjaga keselamatan para pengunjung, taman di atas tebing ini kini sudah memiliki pagar pembatas. Pengunjung juga dapat dengan mudah mengakses taman melalui anak tangga yang sudah tersedia.

Tebing Breksi sangat indah dan terkesan ‘hangat’ dengan efek cahaya lampu kuning temaram yang cocok dengan tone warna tebing. Keindahan tebing ini menjadi latar yang apik untuk kolam dan panggung musik di bawah tebing.

Tebing Breksi memang kerap terpilih sebagai lokasi untuk berbagai acara musik dan pagelaran seni. Kini ada pula cafe dan juga resto sebagai pusat wisata kuliner Jogja malam hari dengan pilihan menu yang lengkap dan pastinya lezat.

Tiket masuknya masih sukarela, hanya membayar biaya parkir kendaraan menjadi keistimewaan tersendiri terutama bagi para wisatawan. Jadi cocok untuk Anda yang ingin liburan murah bersama-sama.

Bukit Bintang

Berbicara tentang tempat wisata malam murah meriah di Jogja yang satu ini, memang tidak ada habisnya. Pasalnya, ada banyak sekali resto, warung, dan cafe yang terus bermunculan di kawasan wisata Bukit Bintang ini.

Masing-masing menawarkan menu hidangan yang berbeda namun dengan suguhan view yang sama, yaitu pemandangan keindahan kota malam hari.

Bukit Bintang akan mulai ramai saat sore hari menjelang petang. Para pengunjung yang umumnya dari Kota Jogja mulai berdatangan dan memilih tempat terbaik untuk menyaksikan gemerlap lampu di kota.

Apalagi kini ada sebuah spot wisata baru, yaitu Watu Amben, yang menjadikan kawasan wisata Bukit Bintang ini semakin terkenal.

Memilih Bukit Bintang sebagai salah satu list destinasi wisata Anda di Jogja pasti tidak akan mengecewakan. Terlebih lagi Anda datang bersama orang-orang tersayang.

Heha Ocean View

Tentu Anda tak asing dengan nama tempat wisata ini, bukan? Terang saja familiar karena tempat wisata ini menggunakan nama yang sama dengan HeHa Sky View.

HeHa Ocean View sendiri termasuk ‘saudara’ dari HeHa Sky View karena keduanya masih dalam satu kepemilikan dan manajemen. Konsep atau ide wisatanya juga mirip, namun dengan lokasinya yang sangat berbeda.

Sesuai dengan namanya, HeHa Ocean View menampilkan pemandangan laut lepas sebagai atraksi wisata utamanya. Tak sekedar view laut saja; tentu ada atraksi wisata pendukung yang mudah menarik wisatawan.

Sebagai contoh, hadirnya beragam spot foto yang sangat Instagramable dengan latar belakang lautan. Kurang lebih ada 12 pilihan spot foto kekinian dengan tarifnya bervariasi, mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp30.000,00 per orang.

Kini Anda dapat mengunjungi spot wisata kekinian di Gunung Kidul dengan akses jalan yang jauh lebih baik. Jika dulu akses jalan menuju ke HeHa Ocean View masih sulit untuk bus-bus pariwisata, lain dengan sekarang.

Bus-bus pariwisata yang datang dari berbagai kota kini bisa melewati jalur menuju HeHa Ocean View dengan mudah.

Tugu Jogja

Mengunjungi Monumen Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja menjadi bukti bahwa Anda pernah datang ke Jogja. Tempat wisata malam di Jogja kota ini sarat akan makna dan peran. Misal sebagai ikon pariwisata Yogyakarta.

Bangunan tugu ini juga menjadi salah satu situs yang menjadi bagian dari kesatuan makna spiritual Yogyakarta selain Parangtritis, Keraton, dan Merapi di Kaliurang.

Tugu ini seolah memiliki ‘magnet’ di mata wisatawan. Hampir sebagian besar wisatawan yang liburan di Jogja pasti menyempatkan diri untuk mampir dan berfoto dengan latar belakang tugu.

Alun-alun Kidul

Kawasan alun-alun ini sedikit berbeda dengan alun-alun di kota lainnya. Salah satu pembedanya adalah adanya sepasang pohon beringin kembar yang terletak di dalam area alun-alun.

Pohon beringin kembar ini berusia ratusan tahun dan dianggap sebagai salah satu situs sakral di alun-alun ini. Ada mitos yang beredar terkait dengan dua pohon ini. Anda pasti sudah sangat familiar dengan mitos ini.

Mitos tersebut adalah apabila seseorang telah berhasil melewati area di antara dua pohon beringin kembar ini, pertanda bahwa ia memiliki hati yang baik.

Alun-alun ini juga menjadi ruang berkumpul masyarakat. Mereka yang datang berasal dari semua kalangan usia, suku, dan agama.

Mereka datang dengan tujuan yang beragam. Ada yang ingin mencoba wahana becak hias (semacam mobil rakitan dengan hiasan lampu warna-warni dan sound system).

Cukup membayar sewa Rp20.000,00, wisatawan dapat keliling kawasan alun-alun plus iringan musik yang turut meriahkan suasana.

Sebagian lainnya ada yang sekedar menikmati kuliner Jogja atau jajanan hits yang dijual di tepi jalan alun-alun. Atau hanya duduk-duduk santai di area berumput sambil sharing dengan sahabat atau pasangan.

Terlihat juga banyak anak-anak yang asik bermain mainan baru yang dijual oleh para penjual mainan anak-anak di tengah alun-alun ini.

Demikianlah 10 tempat wisata malam Jogja yang paling populer dan menarik untuk Anda datangi.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Jogja, silahkan Anda bisa gunakan informasi ini sebagai referensi Anda. Mungkin ada beberapa tempat wisata di artikel ini yang menarik hati Anda.