Home » Tempat Wisata di Jogja Paling Hits

Tempat Wisata di Jogja Paling Hits

Tempat Wisata di Jogja Paling Hits

Bukan rahasia lagi tempat wisata Jogja selalu menjadi ‘buruan’ untuk dikunjungi. Tak hanya oleh turis mancanegara saja, melainkan juga oleh turis lokal.

Sebagai kota wisata, Jogja sungguh kaya dengan berbagai macam objek wisata. Mulai dari wisata alam sampai objek wisata hits yang jadi favorit muda-mudi.

Berikut kami pilihkan 10 tempat wisata Jogja paling hits yang mungkin akan menginspirasi Anda.

Daftar Tempat Wisata Jogja di Paling Hits Terbaru

Malioboro

Malioboro

Siapa di sini yang tak kenal dengan Malioboro. Orang yang belum pernah ke Jogja saja sudah tak asing lagi dengan tempat wisata andalan kota istimewa satu ini.

Nama Malioboro ini sangat terkenal dan menjadi salah satu tempat wisata terfavorit bagi para turis. Berbeda dengan Malioboro versi dulu, Malioboro kini punya ‘wajah’ baru yang lebih ramah untuk pejalan kaki.

Pasalnya, area pedestrian di kawasan wisata pusat kota ini kini lebih lebar dan sudah tidak ada PKL yang berjualan di pinggir trotoar. Semua PKL tersebut sudah berpindah di area khusus PKL tak jauh dari Malioboro.

Jadi, Anda tak perlu khawatir jika ingin berbelanja di PKL langganan Anda. Anda pun bisa lebih mudah berkeliling dan mencari barang yang Anda inginkan karena semua berada di satu lokasi. Selain itu, Anda juga bisa menginap di hotel dekat Malioboro murah yang terkenal

Selain berbelanja, keistimewaan lainnya dari berwisata di area Malioboro adalah foto-foto. Banyak sekali spot foto menarik di sini. Contohnya saja plang atau papan petunjuk arah bertuliskan ‘Jalan Malioboro’.

Kemudian ada juga kawasan Titik Nol KM, Museum Benteng Vredeburg, dan sepanjang pedestrian Malioboro. Kawasan wisata Malioboro adalah salah satu tempat wisata Jogja 2022 paling sering dikunjungi sejauh ini.

Tugu Jogja

Tugu Jogja

Malioboro bukan satu-satunya objek wisata ikonik di Kota Jogja. Tugu Jogja juga layak menyabet label ikonik bagi pariwisata Yogyakarta. Keduanya memang identik sebagai bagian dari identitas kota Jogja.

Intinya, ketika sedang berkunjung ke Jogja tanpa mampir ke kedua tempat ini, tandanya Anda tidak benar-benar sedang berada di Jogja. Jadi, mungkin dengan berfoto di dekat Tugu Jogja, akan menjadi bukti yang otentik bahwa Anda benar-benar sedang berada di Jogja.

Tugu Jogja adalah sebuah monumen setinggi 15 meter. Sejak 2012 hingga 2020, tugu mengalami beberapa kali pemugaran. Wajah Tugu Jogja yang terbaru kini lebih rapi dengan pagar keliling dan tampak lampu taman melingkar di tepi taman tugu.

Meski kini sudah berpagar, para wisatawan tetap dapat berfoto dengan menggunakan bangunan tugu sebagai latar utamanya. Dapatkan momentum berfoto terbaik di area Tugu Jogja.

Misal ketika menjelang senja atau saat malam hari. Pemandangan sunset yang bersanding dengan tugu adalah salah satu pemandangan sunset terbaik di Jogja.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Sebelum pantai-pantai pasir putih di Gunung Kidul jadi hits seperti sekarang ini, Pantai Parangtritis telah lama tenar. Liburan di pantai ini tidak akan pernah bosan karena ada banyak kegiatan asik yang bisa Anda lakukan di sini.

Tentunya selain bermain pasir, air, atau sekedar menikmati keindahan pantai, ada sejumlah kegiatan yang lebih asik lagi dibanding bermain air. Salah satunya adalah bermain ATV untuk menjelajahi area pantai, gumuk pasir, dan area sekitarnya.

Ada kegiatan yang lebih menantang lainnya, yaitu surfing. Akan tetapi untuk surfing, hanya boleh dilakukan oleh mereka yang memiliki skill surfing yang mumpuni.

Jelajah langit Parangtritis dengan paralayang juga bisa menjadi pilihan kegiatan menantang berikutnya. Kegiatan ini pastinya akan menjadi pengalaman liburan yang sangat memorable karena dapat melihat eksotisme Parangtritis dari atas.

Untuk menikmati ini semua, Anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk Parangtritis hanya Rp10.000,00 saja. Dengan harga tiket yang cukup murah tersebut, Anda sudah dapat eksplorasi pantai tercantik di Jogja ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Situs candi bercorak Hindu ini adalah salah satu objek wisata unggulan masyarakat Jogja dan Klaten. Candi ini memang terletak di antara Kota Jogja dan Kabupaten Klaten.

Keistimewaan dari tempat wisata Jogja Instagramable ini merupakan situs Warisan Dunia yang diresmikan oleh UNESCO beberapa tahun lalu.

Selain masuk dalam list warisan dunia, Prambanan juga menyandang label Candi Hindu terbesar dan termegah di dunia.

Untuk bisa memasuki area candi ini, Anda wajib membeli tiket masuk sebesar Rp40.000,00 untuk weekday dan Rp50.000,00 untuk weekend. Perhatikan pula jam bukanya, yaitu mulai dari jam 06.30 sampai jam 16.00 WIB.

Taman Sari

Taman Sari

Ingin liburan di spot wisata yang tak jauh dari jantung Kota Jogja? Taman Sari bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik. Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini terletak di dalam kawasan Benteng Keraton Yogyakarta.

Tempat wisata ini adalah situs pemandian untuk raja, putri-putri, dan para selir raja. Setelah sudah tidak digunakan secara aktif, tempat ini menjadi sebuah objek wisata sejarah dan budaya.

Ketika memasuki area dalam Taman Sari, Anda akan mendapat sambutan pemandangan dua buah kolam pemandian. Kolam-kolam tersebut adalah kolam pemandian untuk para putri raja dan para selir.

Di belakang kolam, tampak ada ruangan-ruangan yang berfungsi untuk tempat semedi, menyusun taktik perang, dan ruang penyimpanan senjata.

Pastikan Anda datang di waktu yang tepat dan sesuai dengan jam operasional, yaitu antara jam 09.00 sampai jam 15.00 WIB. Harga tiket masuknya sangat murah. Cukup membayar Rp5.000,00 saja.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Masih dalam kawasan yang sama dengan Taman Sari, Keraton Yogyakarta juga wajib Anda datangi karena sisi sejarahnya yang sangat menarik.

Di sini Anda bisa tour ke museum yang ada di dalam keraton. Anda juga bisa eksplor area-area dalam keraton dengan ditemani oleh seorang pemandu.

Dan yang paling menarik, Anda bisa menyaksikan berbagai jenis pagelaran seni tradisional yang diselenggarakan oleh pihak keraton. Misalnya saja tarian, wayang kulit, wayang orang, dan lain sebagainya.

Untuk bisa jalan-jalan di area keraton, Anda tidak perlu membayar mahal. Siapkan saja uang pecahan kecil sebesar Rp8.000,00 untuk membeli tiket masuk.

Waktu kunjungan wisatawan akan dibatasi dari jam 08.00 sampai jam 14.00 setiap hari, kecuali hari Jumat yang hanya buka sampai jam 11.00 WIB. Ingat, kenakan pakaian yang sopan agar bisa memasuki kawasan tempat tinggal raja ini.

Tebing Breksi

Tebing Breksi

Tempat wisata instagramable ini dahulu adalah bekas area tambang batu kapur yang sempat terbengkalai. Setelah lama tak mendapat perhatian, tempat ini pun mulai bangkit secara perlahan.

Setelah warga bergotong royong mulai banyak orang yang menyadari bahwa bongkahan batu kapur raksasa ini terlihat eksotis. Apalagi untuk keperluan fotografi.

Lama-kelamaan area tebing ini menjadi ramai oleh masyarakat, terutama muda-mudi yang penasaran dengan spot area penambangan ini. Kini tempat ini telah berkembang pesat menjadi sebuah objek wisata kekinian dan terkenal.

Berbagai fasilitas pendukung terus ditambahkan. Ada taman di atas tebing, kolam di samping tebing, dan panggung musik. Tak jauh dari Tebing Breksi banyak Anda jumpai resto dan cafe yang siap menyambut para wisatawan.

Dan ada bagian yang paling menarik dari berwisata di tempat ini, yaitu Anda bisa menyaksikan karya ukiran dari seniman-seniman lokal. Seperti ukiran ular naga yang sangat artistik.

Jika Anda sangat penasaran dan tak sabar untuk singgah ke tempat ini, Anda bisa datang pagi mulai dari jam 6 pagi. Tebing Breksi baru akan tutup pada pukul 22.00 WIB kecuali jika ada acara live music (buka sampai acara selesai).

Untuk harga tiket, Anda hanya perlu membayar Rp10.000,00 per orang. Lokasi tebing cantik ini sendiri berada di Jl. Desa Lengkong, Gunung Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman.

Heha Sky View

Heha Sky View

Kali ini Anda akan kami ajak ke sebuah tempat wisata yang terletak di kawasan wisata Bukit Bintang Jogja. Ada satu nama spot wisata yang sempat viral saat pertama kali rilis. Heha Sky View adalah namanya.

Ada dua atraksi wisata unggulan yang bisa Anda nikmati di sini, yaitu wisata kuliner dan wisata alam. Wisata kuliner di sini didukung oleh keberadaan fasilitas resto mewah namun dengan harga menu yang affordable.

Sementara wisata alam di sini berupa sajian pemandangan alam perbukitan dan juga view perkotaan yang dapat Anda lihat dari tempat ini. Selain kedua atraksi wisata di atas, pengunjung juga dapat swafoto sepuasnya di sejumlah spot foto kreatif dan cantik.

Tentu dengan bonus view alam dan perkotaan yang ada di bawah bukit Heha ini. Buat Anda yang berniat untuk dinner di sini plus selfie-selfie, wajib perhatikan jam operasionalnya.

Senin-Jumat, jam operasionalnya mulai dari jam 10.00 sampai jam 21.00 WIB, sedang Sabtu, Minggu, dan libur nasional, jam operasionalnya lebih panjang karena dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

Tarif masuknya mulai dari Rp15.000,00 sampai Rp20.000,00 per orang. Anda yang tertarik berkunjung bisa datang ke Jl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Gunung Kidul.

Obelix Hills

Obelix Hills

Sebenarnya Obelix Hills menawarkan ide wisata yang serupa dengan Heha Sky View, yaitu menawarkan night view dan juga wisata kuliner. Namun ada satu hal yang berbeda dari Obelix Hills, yaitu tawaran glamping alias glamour camping untuk pengunjung yang ingin bermalam.

Glamping di sini sangat asik lantaran lokasinya berada di atas bukit dengan hawa yang sejuk. Fasilitas di dalam tendanya juga cukup lengkap sehingga suasana bermalam Anda begitu nyaman.

Namun apabila Anda hanya ingin menikmati suasana sore atau malam di sini, sah-sah saja. Anda hanya akan membeli tiket masuk Rp15.000,00 di hari Senin-Kamis atau Rp20.000,00 pada hari Jumat-Minggu dan hari libur nasional.

Berkunjung saat pagi hari akan tetap asik karena udara pagi di area wisata ini segar dan bersih. Panorama alamnya juga menarik, yaitu bukit-bukit yang hijau.

Tapi banyak juga pengunjung yang lebih menyukai untuk datang saat sore hari dengan alasan karena ingin melihat sunset dari sini. Kunjungan pagi atau sore masing-masing memiliki keunggulan dan tentunya masih sesuai dengan jam operasionalnya pukul 10.00-22.00 WIB.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Wisata Jogja Gunung Kidul ini juga sangat populer di telinga para wisatawan. Pantai cantik ini pertama kali eksis di dunia pariwisata Yogyakarta berkat keindahan pasir putih dan air lautnya yang biru jernih.

Hiasan bukit-bukit karang di salah satu sudut pantai menambah daya tarik spesial bagi pantai ini. Kini Pantai Indrayanti lengkap dengan fasilitas pusat kuliner, area parkir, dan toilet plus ruang bilas.

Ada rencana untuk mampir ke Indrayanti? Cek jam bukanya ya, yaitu dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Biaya tiket masuknya Rp10.000, 00 per orang dan sudah termasuk pantai-pantai di sekitarnya.

Demikian informasi 10 tempat wisata Jogja paling hits yang dapat Anda kunjungi. Masing-masing sangat seru untuk dieksplorasi dan dinikmati, baik bersama orang-orang tercinta ataupun seorang diri.

Pastikan Anda memasukan kesepuluh destinasi wisata ini ke itinerary liburan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.