Home » Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul Tampak Siring di Pulau Bali merupakan destinasi objek wisata yang paling banyak pengunjung setiap tahun. Banyak yang setuju bahwa pulau Bali merupakan destinasi yang cocok untuk berwisata yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman dan keluarga.

Walaupun mayoritas mengatakan bahwa pantai menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Pulau Bali. Tetapi tidak ada salahnya mengunjungi tempat lain, seperti mengunjungi Pura Tirta Empul Tampak Siring.

Pura Tirta Empul Tampak Siring merupakan destinasi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dan merupakan situs budaya yang indah. Selain itu juga terkenal dengan merupakan objek wisata peninggalan kerajaan yang memiliki nilai sejarah.

Tahukah kamu bahwa Presiden pertama Republik Indonesia, Bapak Ir. Soekarno mendirikan sebuah istana Presiden yang letaknya tepat di sebelah barat pura ini?

Destinasi objek wisata ini juga terkenal terdapat sumber mata air alami. Nah sumber air itu sampai saat ini dijadikan air suci untuk tradisi Melukat oleh masyarakat di Pulau Bali. Bukan hanya masyarakat di Pulau Bali saja, wisatawan juga ikut tertarik untuk ikut Melukat.

Melukat merupakan upacara paket liburan bali pembersihan dalam diri manusia. Baik itu jiwa dan pikiran yang secara spiritual dilakukan. Upacara ini secara terus turun temurun dilakukan oleh Umat Hindu hingga sekarang. Yang mana penyucian secara rohani memiliki arti untuk menghilangkan pengaruh kotor dalam diri.

Tradisi Melukat ini dilaksanakan di Pura ini, Bali, Indonesia. Karena sering sebagai destinasi objek wisata yang ramai akan pengunjung, tak heran jika Pura Tirta Empul Tampak Siring selalu masuk ke dalam paket wisata bali yang wajib kamu kunjungi.

Daya tarik dan Keunikan Pura Tirta Empul Bali

Yang menjadi daya tarik adalah karena adanya istana presiden yang terletak di sebelah barat. Banyak masyarakat ingin melihat istana presiden yang dibangun oleh Presiden pertama Indonesia, Bapak Ir.Soekarno.

Nah, maka dari itu para Presiden Indonesia jika mengunjungi Pulau Bali tidak lupa juga untuk datang ke istana Presiden. Itulah yang membedakan destinasi wisata lain di Pulau Bali.

Dan keunikan lainnya adalah adanya mata air alami yang mengalir. Mata air alami yang mengalir itu disalurkan ke luar pura melalui pancuran yang berjumlah 26 pancuran. Keunikan ini yang juga paket wisata ke bali tidak bisa kamu temui di tempat lain.

Sejarah Pura Tirta Empul

Bhatara Indra adalah sosok yang menciptakan Tirta Empul atau Tirta Ri Air Hampul. Yang saat itu sedang melawan Raja dari Bedahulu, yaitu Raja Mayadenawa. Bahkan sampai saat ini merupakan Raja yang sangat terkenal mempunyai kesaktian, yaitu bisa menghilang.

Namun, pada saat berperang raja Mayadenawa sempat berjalan dengan kaki yang miring. Dari situlah tempat pertempuran dinamakan Tampaksiring. Lain halnya dengan Pura Tirta Empul. Itu terjadi saat Raja Mayadenawa membuat mata air beracun untuk mengelabui musuhnya pada saat ingin atau sedang berperang.

Mata air tersebut pun diminum oleh pasukannya yang mengalami kehausan pada saat itu. Dengan mudah pasukan Raja Mayadenawa mampu membunuh pasukan dari Dewa Indra. Tahu akan hal itu membuat dewa Indra tidak diam saja.

Dengan kekuatannya, Dewa Indra menancapkan tombaknya ke bumi dan mengakibatkan adanya semburan air.

Air tersebut ternyata sebagai penawar mata air beracun dari raja Mayadenawa. Kemudian Pura Tirta Empul menjadi nama sumber mata air yang menyembur dari tanah yang lokasinya di Tampak Siring.

Itulah sejarah Pura Tirta Empul Tampak Siring.

Lokasi dan Rute Menuju Pura Tirta Empul

Lokasinya beralamat lengkap di Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Bisa diaksesnya melalui dengan mobil atau bus. Jika kamu belum mempunyai akses kendaraan, kamu bisa menggunakan sewa mobil Bali.

Namun, jika kamu datang dengan rombongan atau kelompok bisa juga menggunakan sewa bus Bali yang selalu siap mengantar kamu kemana pun. Anti ribet dan aman tentunya untuk perjalanan menuju objek wisata terpopuler di Pulau Bali.

Harga Tiiket Masuk

Untuk harga tiket masuk sebaiknya kamu menyiapkan dari sekarang. Untuk harga tiket masuk Pura Tirta Empul Tampak Siring dewasa Rp 30.000 dan untuk anak-anak Rp 15.000.  Sangat terjangkau untuk objek wisata yang mempunyai nilai sejarah dan budaya yang menarik ini.

Jam Buka

Destinasi objek wisata ini buka pada pukul 08.00- 18.00 WITA. Pastikan catat jam buka pada waktu yang tepat.

Nah, itulah informasi tentang Pura ini destinasi wisata populer yang terkenal akan tradisi Melukat di Pulau Bali. Jika nanti kamu berkunjung pastikan sudah mengetahui lokasi yang tepat. Lalu gunakan alternatif kendaraan yang bisa mencapai lokasi yang aman dan mudah.