Home ยป Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

  • by
Jalan Malioboro

Jalan malioboro merupakan salah satu ikonik dari kota Jogja. Tidak afdhol ke Jogja bila belum ke jalan malioboro. Jalanan ini adalah sebuah jalan satu arah yang kanan dan kirinya selalu saja ramai. Mulai dari pedagang, hiburan dan lain sebagainya ada semua di jalan malioboro.

Apalagi jalan ini sangat dekat dengan keraton Jogja, alun-alun utara dan juga terhubung langsung dengan titik nol kilometer Jogja. Berada di jalan malioboro Anda sudah pasti akan sangat terhibur sekali, selain sebagai wisata belanja tentunya.

Tempat wisata jogja populer ini seringkali dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi anak muda, bukan hanya di malam minggu saja. Namun hampir di semua malam, malioboro selalu penuh sesak dan ramai dengan lalu lalang manusia serta kendaraan.

Akses Menuju Jalan Malioboro

Akses jalan menuju jalan malioboro ini yaitu apabila Anda berada di bandara, maka Anda harus menuju ke tugu terlebih dahulu. Melalui jalan solo, kemudian jalan urip sumoharjo, luru terus sampai ke tugu Jogja.

Ambil kiri, maka Anda akan menemukan stasiun tugu. Setelahnya Anda harus belok kiri lagi, mengikuti jalan sampai di perempatan, lurus dan sampailah Anda di parkiran abu bakar ali.

Ikuti saja kendaraan lain yang hendak menuju malioboro. Sampai sudah.

Kalau dari jalan solo, Anda bisa belok ke uin agar terhindar dari macet. Dari UIN, lurus terus menuju balaikota, lurus melewati kampus universitas sarjana wiyata, kemudian di pertigaan belok ke kanan. Lurus terus maka Anda akan sampai di titik nol km, Anda bisa memarkir kendaraan Anda di kawasan tersebut.

Mengingat jalan malioboro sendiri adalah jalan satu arah yang tidak mungkin dilalui berlawanan arah kalau dari nol km tanpa mengambil jalan memutar terlebih dahulu.

Akses jalan menuju tempat wisata jogja ini terbilang padat dan macet, apalagi bila malam yang Anda pilih adalah malam minggu. Malam atau hari lainnya juga akan ramai sekali apabila ada acara.

Bahkan jalan malioboro akan ditutup apabila ada acara tertentu. Misalnya saja ulang tahun kota Jogja atau tahun baru. Namun bila Anda senang melihat keramaian dan nyaman terhadap kemacetan, Anda bisa datang ke maliboro pada hari-hari tersebut.

Harga Tiket Masuk Malioboro

Tak perlu ditanya berapa harga tiket masuk ke malioboro, jawabannya adalah gratis. Anda hanya perlu membayar parkir saja kalau membawa kendaraan. Sekitar Rp. 2000 sampai dengan Rp. 5000, di akhir pekan biasanya Anda akan membayar sekitar Rp. 5000 untuk sepeda motor.

Namun mencari parkir ini kadang membingungkan, Anda harus mencari gang di malioboro yang menyediakan parkir. Namun saat ini sudah disediakan tempat parkir yang lebih besar dan aman tentunya.

Tempat parkir itu adalah taman parkir abu bakar ali. Namun letaknya sangat jauh sekali kalau ditempuh berjalan kaki. Hal tersebut bukan masalah tentunya apabila Anda ingin menikmati suasana malioboro secara keseluruhan.

Fasilitas di Malioboro Yogyakarta

Jalan Malioboro Yogyakarta

 

Fasilitas di malioboro saat ini sudah terbilang sangat lengkap, berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada di malioboro.

Kamar mandi

Saat ini di malioboro sudah ada kamar mandi besar yang sangat bersih. Bahkan kelasnya sudah terhitung kamar mandi standar internasional. Letaknya ada di depan kantor pos di titik nol kilometer.

Sebelumnya di malioboro sendiri hanya disediakan kamar mandi portable yang sangat kotor dan minim air sekali.

Pengunjung menjadi enggan untuk sekedar mampir ke kamar mandi tersebut, akhirnya pengunjung lebih memilih untuk menahan buang air atau mencari tempat lain saja.

Masjid

Anda bisa mampir sholat ketika waktunya sudah tiba di masjid yang ada di dalam kantor gubernur. Masjid tersebut terhitung besar, arsitekturnya adalah bentukan jawa khas jogja. Banyak sekali yang mampir ke masjid ini, meski tidak untuk sholat, namun beristirahat.

Pusat perbelanjaan

Malioboro sendiri merupakan pusat perbelanjaan yang sangat besar, tidak hanya ada 1 toko saja, namun banyak sekali toko.

Ada pula pasar bringharjo yang merupakan sentra batik dan pakaian besar di Jogja, ada mall dan ada banyak sekali toko yang menyediakan aneka macam kebutuhan. Toko makanan juga banyak berjejer di malioboro.

ATM

Biasanya di tempat yang ramai, mencari mesin ATM adalah hal yang sulit dan menjadi momok tersendiri. Namun di Malioboro, ada cukup banyak mesin ATM yang bisa Anda sambangi untuk mengambil uang yang Anda butuhkan.

Taman parkir

Saat ini sudah disediakan tempat parkir yang sangat besar sekali di Malioboro. Bahkan Anda tak hanya sekedar bisa memarkir kendaraan saja di sana, namun juga bisa menikmati senja dan pemandangan malioboro yang indah dari atas.

Taman parkir abu bakar ali namanya, tempat parkir ini juga sangat sering sekali dijadikan sebagai tempat berfoto oleh anak muda.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Malioboro

jalan malioboro malam hari

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Jalan Malioboro.

Belanja

Tentunya ini adalah hal utama yang dituju dan ingin dilakukan oleh para wisatawan yang datang ke Maliboro. Malioboro sendiri merupakan tempat belanja yang asyik dan menawarkan harga yang murah tergantung dari skill menawar Anda.

Mulai dari pakaian, make up, perhiasan, alat rias, hiasan semua ada di malioboro

Mendengarkan musik

Di malioboro sendiri saat ini hampir setiap malam selalu ada band yang tampil di titik nol km. Band tersebut bernama nol km kustik yang merupakan band beraliran akustik.

Selain itu ada pula musik tradisional calung yang diiringi dengan penari yang luwes dan gemulai. Lagu-lagu yang dimainkan tersebut adalah lagu-lagu dangdut dan juga lagu yang sedang hits. Calung tersebut sangat ramai dilihat dan sangat asyik sekali untuk dinikmati.

Aktivitas seni

Di malioboro sendiri juga merupakan tempat perkumpulan seniman, baik yang berlatih maupun yang membuka jasa lukis berbayar. Anda bisa menemukan banyak sekali di titik nol km.

Selain pelukis, Anda juga bisa menemukan tari-tarian bila beruntung. Biasanya bertepatan dengan momentum hari-hari tertentu.

Jogging

Anda bisa juga melakukan lari-lari kecil di malioboro agar sehat, entah itu di siang hari atau malam hari. Aktivitas ini bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi Anda.

Di pagi hari sambil sesekali berhenti untuk menikmati pecel yang ada di pinggiran jalan malioboro. Mengajak sahabat atau orang terkasih bisa menjadi pilihan yang tepat dan menyenangkan untuk Anda lakukan.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan di Jalan Malioboro, kawasan jalan ini tidak akan pernah sepi.

Bahkan di hari raya sekalipun, ketika anak rantau pulang ke kampung halaman masing-masing, masyarakat Jogja akan datang dan menikmati kota kelahiran mereka sendiri.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, selamat menjelajah kota Jogja.